Senin, 25 Juni 2012

Cara Cepat Ketik 10 jari


"Kenapa kok ngetik sepuluh jari? Lha wong saya lho 11 jari juga cepet ngetiknya." Hmmm, ini nih yang namanya mental block. Coba aja yang udah lancar banget pake 11 jari alias dual telunjuk, kalian akan sangat kesulitan mengetik tanpa melihat keyboard. Padahal jaman sekarang itu jamannya social networking yang identik dengan chatting. Kalo ngetiknya lemot ya gak sabar temen chatnya nungguin balesan chat. Belum lagi untuk mempersingkat waktu, biasanya para pecinta 11 jari menyingkat kata - kata, dan belum tentu singkatan - singkatan tersebut dapat dimengerti oleh lawan chat.

Coba bayangkan, sudah berapa tahun anda mengenal dan menyentuh keyboard? Tapi kenapa sampai sekarang anda masih belum bisa menfgunakannya dengan baik dan benar? Belajar sepuluh jari itu seperti menghafalkan nomor handphone. Jika kita tidak pernah punya niat buat nge-hafalin ke-12 nomor itu, kita gak akan pernah mengingatnya sampai kapanpun. Tapi kalo kita berniat mau menghafalnya selama 1 menit saja, kita bisa terus hafal sampai bertahun-tahun. Begitu juga dengan mengetik 10 jari, jika gak ada niat buat belajar, sampai kapanpun gak akan pernah bisa. Jika ada niat, seminggu aja udah bisa ngetik tanpa liat keyboard dan itu bakalan melekat di otak anda sampai kapanpun.

Keuntungan dari mengetik 10 jari itu sendiri adalah :
  • Yang pasti efektifitas waktu. Jika anda seorang pelajar atau mahasiswa, maka anda akan sering membuat makalah atau laporan. Meskipun situasinya mendadak pun kamu gak akan bingung, karena anda bisa mengetik 10 jari. Dan kalo bisa 10 jari pasti ngetiknya cepet. Daripada bayar orang buat ngetik, mending kamu yang dibayar buat ngetikkan makalah dari kelompok lain. (pengalaman) :P
  • Tulisan menjadi lebih rapi. Karena akan sangat jarang adanya singkatan - singkatan yang dapat menimbulkan tulisan anda tidak rapi.
  • Mengetik 10 jari itu seperti mengasah otak sekaligus menambah IQ. Karena secara langsung, otak kita berpikir sekuensial atau berurutan. Berurutan menambahkan dari huruf ke huruf yang lainnya tepat di sebelahnya. Nah itu yang dapat menambah IQ kita, seperti belajar logika algoritma. :D
  • Kalo kalian di warnet, terus tulisan keyboard-nya udah pudar, kamu gak bingung - bingung manggil si penjaga warnet buat minta pindah komputer. :D
  • Jika anda seorang pengangguran, anda juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan hanya mengetik, karena banyak perusahaan yang mencari orang yang memiliki bakat mengetik cepat. Contohnya adalah menjadi pekerja di salah satu Koran Indonesia.

Cara Ngetik 10 Jari :
Pertama ketahui dulu posisi jari - jari anda pada keyboard seperti berikut :

ngetik 10 jari
Catatan : Pada huruf F dan J di keyboard, terdapat perbedaan dengan huruf yang lainnya. Yaitu ada tanda kecil yang dapat anda rasakan dengan jari. Sangat penting untuk menempatkan jari dengan tepat di keyboard tanpa melihat keyboard.


Kedua adalah mengetahui peran dari masing - masing jari dalam mengetik. Berikut ini adalah gambar lengkap beserta warnanya :

ngetik 10 jari
Catatan : Anda harus mengetik dengan pedoman diatas. Kalo ngetik huruf B ya harus pake jari telunjuk tangan kiri, jangan pake telunjuk tangan kanan atau bahkan jempol. Begitu juga dengan yang lainnya. Jika anda tidak menurut perintah saya yang satu ini, maka skill mengetik anda juga tidak akan maksimal dan akan sulit untuk mengetik cepat.

Cobalah mengetik lagu lagu kesukaan anda yang paling anda hafal. Karena belajar mengetik itu akan sangat menyenangkan jika di barengi dengan apa yang kita senangi. Ingat pelan - pelan dulu, yang penting benar dulu. Kalo masalah kecepatan itu mengikuti. Istirahatlah kalau kamu mulai sulit untuk memikirkan huruf - huruf tersebut. Jika pikiran udah tenang, baru mulai latihan lagi.

Kami juga akan memberikan software untuk berlatih mengetik 10 jari. Menurut saya software ini yang paling jitu buat beginner. Disana ada tutorial juga buat latihan. Pokoknya manteb deh. Nih Preview nya :

ngetik 10 jari
Download Rapid Typing Disini !!


Untuk yang sudah bisa ngetik sepuluh jari, saya mengajak anda untuk ikut balapan ngetik dengan semua orang di dunia. Lumayan kita bisa melihat kecepatan kita dan membandingkan dengan orang lain. Hal ini bisa menjadi motivasi anda untuk dapat mengetik lebih cepat dan memompa semangat yang telah sedikit pudar. Masuk sini untuk balapan ngetik dengan typer di seluruh dunia !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sponsor

Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Populer